FGD Penguatan Aksesbilitas Karya Ilmiah Dosen dan Louncing Buku Referensi dan Buku Ajar Tahun 2021

FTK UIN MATARAM (Mataram) – Pada hari Senin 20 Desember 2021, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram melaksanakan FGD penguatan aksesibiltas karya ilmiah dosen dan louncing buku referensi dan buku ajar tahun 2021 di Hotel Grand Legi Mataram.

Kegiatan ini, dilaksanakan mulai dari tahap Sosialisasi, seleksi oleh Tim Penilai, pengumuman hasil seleksi. dan saat ini tahap louncing buku referensi dan buku ajar.

Selanjutnya pada hari ini dilaksanakan tahap penandatanganan Kontrak & louncing buku referensi dan buku ajar tahun 2021 yang sekaligus FGD penguatan aksesibiltas karya ilmiah dosen melalui penerbitan nasional.

Wakil Dekan 1, Dr. Saparudin, M. Ag., menyampaikan bahwa kegiatan FGD penguatan aksesibiltas karya ilmiah dosen dan louncing buku referensi dan buku ajar tahun 2021 merupakan rangkaian dari Program Kompetisi Penulisan Buku Ajar dan Referensi (Kobar) FTK tahun 2021.

Kegiatan ini diawali oleh Dr. Abdul Quddus, M. Ag., selaku Ketua Panitia yang juga Wakil Dekan 1 FTK UIN Mataram disaat itu dan saat ini finalisasi di Wakil Dekan 1 FTK Dr. Saparudin, M. Ag.

“Peserta yang diterima pada kegiatan Kobar tahun 2021 yaitu sebanyak 100 naskah buku untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya,” Ujar Saparudin.

Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Jumarim., menegaskan dalam sambutannya kewajiban dosen untuk menulis dan memproduksi buku, baik buku ajar maupun buku referensi sejatinya sudah diatur dalam UU Nomor 12 tahun 2012 dan UU Nomor 14 tahun 2005.

“Bahkan secara khusus pada pasal 12 UU No.12 tahun 2012 dengan tegas menyebutkan bahwa dosen secara perseorangan atau kelompok wajib menulis buku ajar atau buku teks yang diterbitkan oleh perguruan tinggi sebagai salah satu sumber belajar” tegas Dekan FTK UIN Mataram.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor 1 UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag., sangat menyambut baik dan apresiasi tinggi kepada FTK yang sukses melaksanakan seleksi penulisa buku dosen ini.

Wakil Rektor 1 UIN Mataram, Prof. Dr. H. Adi Padli, menyampaikan dalam materinya yang menegaskan kebijakan dan arah peningkatan publikasi ilmiah dosen UIN Mataram.

“Dosen memiliki kewajiban dalam publikasi ilmiah, baik dari level Lektor, lektor Kepala dan terlebih guru besar,” unngkap Wakil Rektor 1 UIN Mataram.

Lebih lanjut, Wakil Rektor I UIN Mataram, Prof. Dr. Adi Padli mengharapkan semua dosen untuk menyiapkan diri untuk mencapai level akademik tertinggi yaitu guru besar.***

Share This