Foto Bersama dalam acara Refresment UP UKMPPG Batch-2

FTK UIN Mataram (Mataram) – Pengelola LPTK UIN Mataram bahu-membahu mensukseskan pelaksanaan UP PPG batch-2 tahun 2021. Berbagai persiapan direalisaskan dalam memberikan pelayanan terbaik bagai guru-guru peserta PPG Dalam Jabatan. Pelatihan pengawas dan peserta ujian dilaksanakan secara virtual, baik melalui zoom meeting, WA grup, maupun grup Telegram. Selanjutnya, program simulasi (uji sistem) diwujudkan dengan mengundang pengawas ke titik lokasi, sedangkan para peserta ujian dari berbagai daerah sesuai tempat masing-masing. Pelaksanaan simulasi diadakan seperti ujian sesungguhnya. Pengawas maupun peserta ujian merefleksikan tahap demi tahap susunan aktivitas selama ujian berlangsung. Hal tersebut diimplementasikan agar pengawas dan para peserta ujian memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Pelatihan dan simulasi belumlah dirasa cukup untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Hotel Grand Legi Mataram pada hari Jumat, tanggal 3 Desember 2021 menjadi episode berikutnya. LPTK UIN Mataram mengadakan pertemuan lanjutan bersama pengawas-pengawas ujian dengan tema “Refreshment Pengawas UKMPPG (Uji Pengetahuan) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch-2 Tahun 2021”. Agenda ini diadakan LPTK UIN Mataram dengan tujuan melakukan penyegaran kepada pengawas UP PPG. Refresment sangatlah penting guna mengevaluasi simulasi Uji Sistem PPG sehari sebelumnya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Mataram Prof. Masnun, M.Ag., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Jumarim, M.H.I, Wakil Dekan I Dr. Saparudin, M.Ag., Wakil Dekan II Dr. H. S. Ali Jadid Al-Idrus, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Akhmad Asyari, M.Pd., Pengelola PPG Dr. Abdul Quddus, M.A., Penyelia dari Kemenag Dr. Aput dari UIN Banten, Dr. H. Raharjo M.Ed., dari UIN Wali Songo, dan Ahmad Toha dari UIN Wali Songo.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Jumarim, M.H.I memberikan sambutan pada acara tersebut. Beliau berkata, “LPTK UIN Mataram ditunjuk sebagai penyelenggara TUK peserta PPG tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021.” Alhamdulillah! Wajib disyukuri UIN Mataram dipercaya pusat, karena tidak semua LPTK ditunjuk menyelenggarakan TUK. Amanah harus dijawab dengan kerja keras, peduli, tanggap, dan terbuka. Beliau berpesan kepada para pengawas untuk melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. “Bapak/Ibu sebagai pengawas, jangan membentak peserta ujian, tetapi harus menjadi penyejuk, pemberi spirit sehingga peserta dapat melaksankan ujian dengan baik,” terang Dekan FTK.

Bapak Rektor UIN Mataram memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Prof. Masnun, M.Ag., dalam hal ini menyampaikan, “Psikologi orang yang diawasi, berbeda dengan yang mengawasi”. Sebagai pengawas tidak perlu merasa diri lebih hebat dengan melakukan hal-hal yang dapat merusak konsentrasi peserta ujian. Mungkin kita terbiasa mengawas, tetapi yang kita awasi ini luar biasa, yaitu guru. Guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Amanah pendidikan bangsa ada di pundaknya. Mereka pahlawan tanpa tanda jasa. “Oleh karena itu, kita temani, kita hadir sebagai patner mereka,” terang Rektor. Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran LPTK UIN Mataram yang telah memberikan berbagai bentuk pelayanan demi membangun dunia pendidikan.

Pengelola PPG UIN Mataram Dr. Abdul Quddus, M.A., mengisi sesi setelahnya dengan metode shreing pengetahuan. Diskusi ini sebagai review kegiatan pelatihan dan simulasi uji sistem. Kendala-kendala yang terjadi saat simulasi dikaitkan dengan petunjuk teknis penyelenggaraan UP, muncul dipermukaan. Semua diutarakan dan langsung direspon dengan solusi terbaik. Tak ketinggalan penyelia dari pusat sebagai narasumber menyampaikan hal-hal penting, seperti syarat-syarat menjadi pengawas UP PPG Dalam Jabatan dan garis-garis besar tugas dan tanggung jawab pengawas. “Peserta jangan dikurangi haknya dan melayani dengan sepenuh hati.” Ucap Dr. Rahrjo. Seberat apapun pekerjaan yang dilakukan, mulailah dengan Bismillah, ikhtiar, dan akhiri dengan Alhamdulillah. Semangat pengawas UP PPG Dalam Jabatan 2021. Semoga sukses.*

Share This