Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram mengadakan Penandatanganan Kontrak Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa

FTK UIN MATARAM (Mataram) – Penelitian merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dimaksudkan sebagai sarana pengembangan profesi dosen. Dalam pelaksanaan akreditasi isntitusi, penelitian dosen juga mensyaratkan adanya kerja sama antara dosen dan mahasiswa sehingga munculnya peningkatan kompetensi baik dosen maupun mahasiswa dalam bidang penelitian. Oleh karena itu, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram mengadakan Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa.

Program Penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa FTK UIN Mataram ini dimaksudkan untuk memacu dan memicu kerja sama antar dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian dan dilaksanakan sejak bulan Juni hingga September 2021. Lebih dari itu melalui kegiatan ini diharapkan suasana akademik yang lebih kondusif akan terus terjaga dan bahkan ditingkatkan sehingga baik dosen maupun mahasiswa merasa nyaman dan senang di kampus (terlebih di laboratorium dan bengkel) dalam berkreativitas ilmiah.

Menurut Dr. Akhmad Asyari, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FTK UIN Mataram sekaligus ketua panitia Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa FTK UIN Mataram, banyaknya kreativitas ilmiah dalam bentuk penelitian kerjasama dosen dan mahasiswa akan memberikan efek kepercayaan diri yang tinggi bagi dosen dan mahasiswa dalam berkompetisi pada tingkat penelitian yang lebih tinggi seperti skim penelitian desentralisasi dan skim kompetitif nasional bagi dosen serta pada taraf program kreativitas mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa

Salah satu output dalam kegiatan Penelitian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram Tahun 2021 adalah artikel penelitian. Dalam author penelitian harus tercantum nama peneliti beserta mahasiswa sebagai anggota penelitian. Hal ini akan sangat bermanfaat baik bagi dosen maupun mahasiswa.

Dari kegiatan ini output yang dihasilkan berupa laporan akhir dan artikel hasil penelitian yang disubmit pada jurnal bereputasi baik nasional dan internasional. Dari 35 judul tersebut semuanya menghasilkan artikel yang telah disubmit ke jurnal sesuai dengan surat pernyataan yang telah ditandatangani bersama antara peneliti, ketua panitia dan Dekan FTK UIN Mataram.*

Share This