FTK UIN Mataram melalui Dr. Jumarim, M. H.I selaku dekan menerima peserta kunjungan sharing pengelolaan kelembagaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 23 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkan menindaklanjuti dan meningkatkan kerjasama antar Lembaga.

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat, Dr. Jumarim, M.H.I menerangkan bahwa hubungan UIN Mataram dan UIN Maulana Malik Ibrahim seperti halnya sebuah saudara, banyak persamaan diantara kedua Lembaga ini karena sama-sama berasal dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan sudah terjadinya Kerjasama antar kedua pihal lembaga. Labih lanjut, Bapak Dekan FTK UIN Mataram menerangkan bahwa kunjungan dari Universitas luar sangat memberikan manfaat dan ilmu baru bagi FTK UIN Mataram secara khususnya, karena sharing yang dilakukan memberikan informasi-informasi dan Kerjasama baru bagi kemajuan kedua belah pihak Lembaga terlebih lagi terkait PPG dan kurikulum MBKM.

Selanjutnya, Wakil Dekan 1 FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjelaskan kunjungan yang dilakukan dalam rangka menindak lanjuti Kerjasama dalam bidang sharing system pengelolaan kelembagaan yang diterapkan di FTK UIN Mataram khususnya PPG dan penyempurnaan fungsi dan kurikulum Prodi berbasis MBKM. MBKM dalam bidang kewirausahaan dan proyek desa binaan menjadi konsen kunjungan dan kerjasama.

Seperti yang diketahui bahwa Lembaga pendidikan berorientasi pada produk jasa, jadi konsumen pengguna jasa pendidikan adalah obyek penentu dalam perhatiannya, dimana konsumen perlu mendapatkan kepuasan melalui kualitas, pelayanan dan nilai yang diharapkan. Kepuasan konsumen pada jasa pendidikan merupakan perwujudan tingkat perasaan pengguna jasa pendidikan, terhadap jasa yang diperoleh sebagai hasil memperbandingkan kinerja jasa terhadap harapannya, dengan kata lain kepuasan pengguna jasa pendidikan sebagai fungsi kinerja yang dirasa dengan harapan. Tentunya harapan tidak datang begitu saja tetapi terbentuk dari pengalaman dan informasi fakta yang dirasakan. Tuntutan utama bisnis adalah bagaimana membina konsumen pengguna jasanya di bawah pengaruh lembaga pendidikan, tumbuh menjadi lebih tinggi, sehat, kuat dan mandiri, mutu atau kualitas merupakan wujud dari kecocokan antara hasil pendidikan dengan kebutuhan nyata dari masyarakat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar ketenagaan, lokal, nasional bahkan internasional. Oleh karena itu, kegiatan kunjungan ini diperuntukkan untuk meningkatkan pengelolaan kelembagaan, terlebih lagi kurikulim MBKM yang dalam proses pemberlakuan di seluruh Lembaga Pendidikan di lingkungan Kemenag. Kegiatan ini di akhiri dengan Pemberian Cendramata oleh masing-masing lembaga/Perguruan Tinggi

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kedua belah pihak terkait pengelolaan kelembagaan dan kurikulum. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan output yang baik dan bermanfaat bagi instansi maupun mahasiswa.

Share This