Tukar cendramata Fakultas Tarbiyah UIN Mataram dan IAIN Kediri

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram pada Kamis, 30 September 2021 kedatangan rombongan tamu dari Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Jawa Timur. Rombongan IAIN Kediri berjumah 22 orang dipimpin oleh Wakil Dekan 1 Dr. Muawanah, M.Ag.

Dr. Jumarim, M.HI sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Mataram telah menyiapkan sambutan hangat atas kedatangan rombongan IAIN Kediri dengan menunjuk Dr. Ahmad Asyari, M.Pd (Wakil Dekan III) yang membidangi Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama sebagai ketua panitia acara tersebut. Dalam sambutannya, Dr. Jumarim, M.HI mengucapkan selamat datang dan berterima kasih telah memilih UIN Mataram sebagai destinasi benchmarking dan mitra sharing knowledge kelembagaan. Dekan mengharapkan perjanjian kerjasama yang ditandatangani nantinya tidak menjadi sleeping MoU, oleh sebab itu harus terimplementasi dalam beberapa program dan kegiatan bersama kedepannya.

Dekan Tarbiyah UIN Mataram dan IAIN Kediri didampingi Wakil Dekan

Dr. Muawanah sebagai ketua rombongan menyatakan maksud dari kedatangan tim yaitu untuk melakukan benchmarking dan sharing knowledge dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram. Ia menyampaikan bahwa UIN Mataram tentu mempunyai strategi dan teknik jitu sehingga bisa sukses bertransformasi menjadi UIN yang sekarang; terutama dalam bidang tata kelola kelembagaan, kurikulum, akreditasi, pembukaan prodi baru dan pengelolaan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Sharing knowledge 11 Prodi FTK UIN Mataram bersama rombongan IAIN Kediri

Dalam sesi sharing knowledge, Dr. Abdul Quddus, MA (Wakil Dekan 1) menyampaikan beberapa hal terkait capaian Fakultas Tarbiyah selama ini, diantaranya: kurikulum Fakultas Tarbiyah sudah berorientasi KKNI SNPT sekaligus bercirikan model Horizon Ilmu sebagai upaya integrasi ilmu umum dan agama, tahun ini juga sedang dilaksanakan tahapan-tahapan review kurikulum terkait kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Berbagai pengalaman dan strategi dalam meraih akreditasi A atau Unggul Prodi PAI, menjadi tema diskusi dalam sesi tersebut. Terkait pengelolaan PPG, Abdul Quddus juga menyampaikan bahwa LPTK UIN Mataram pada tahun 2018 telah sukses meraih peringkat 5 besar Nasional dalam persentasi kelulusan mahasiswa PPG, dan kini 2021 PPG telah menjadi program studi tersendiri setelah melalui proses panjang pengusulan proposal, penilaian Asesor Kemenag RI dan Asesor BAN PT.

Pada sesi selanjutnya kedua belah pihak melakukan penandantanganan MoU tingkat fakultas dan program studi. Diakhir acara, Dr. Muawanah berterima kasih atas sambutan, hospitality dan kehangatan, kekeluargaan UIN Mataram, dan ia mengharapkan pada suatu saat nanti UIN Mataram berkunjung ke IAIN Kediri. (el-qudsy)

 

Share This