Penandatanganan Berita Acara Serah terima Jabatan Dekan antara Dr. Hj. Lubna, M.Pd dan Dr. Jumarim, M.HI

Senin 27 September 2021 bertempat di Auditorium Utama digelar serah terima jabatan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram Periode 2017-2021 Dr. Hj. Lubna, M.Pd ke Dekan Periode 2021-2025 Dr. Jumarim, M.HI. Sertijab Dekan dirangkai dengan Diskusi Dosen Lintas Disipliner.

Dr. Syamsul Arifin, M.Ag sebagai ketua panitia melaporkan bahwa acara ini dihadiri unsur pimpinan universitas, senat universitas, 250 Dosen dan Pegawai Fakultas Tarbiyah. Menurutnya, acara ini adalah tradisi yang baik, bahwa dalam transisi kepempinan tidak hanya berisi ritual serah terima jabatan, tapi dibarengi dengan penandatangan berita acara yang berisi capaian progam dan kinerja 4 tahun periode sebelumnya, sehingga pimpinan baru dapat memulai kepemimpinannya dengan baik.

Penyerahan cenderamata oleh Dr. Jumarim M.HI kepada Dr.Hj. Lubna, M.Pd

Acara berlangsung lancar, Dekan Periode 2017-2021 Dr. Hj. Lubna, M.Pd menyampaikan terima kasih atas support dan kebersamaan civitas akademika selama periodenya. Banyak capaian yang telah diukir bersama berkat dukungan keluarga besar Tarbiyah. Dua persitiwa besar menguji kepemimpinannya, mulai dari bencana alam gempa bumi Lombok 2018 yang berdampak pada perkuliahan di bawah tenda-tenda darurat dan akhirnya harus hijrah keluar kampus di enam pondok pesantren selama rehab tiga gedung Fakultas Tarbiyah berlangsung. Ketika di awal 2020 bangunan gedung Tarbiyah sudah siap, datanglah ujian kedua yaitu pandemi Covid-19 yang tentu membuat Dr. Hj. Lubna, M.Pd sebagai pimpinan harus berpikir keras dan kreatif, termasuk diantaranya penyiapan Learning Management System (LMS) pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) dengan segala sarpras dan SDM pendukungnya.

Diskusi Lintas Disipliner dihadiri 250 Dosen Fakultas Tarbiyah

Selanjutnya pasa sesi pemutaran video Kaleidoskop masa kepemimpinan Dr. Hj. Lubna, M.Pd dapat disaksikan pencapaian berbagai program kerja, kegiatan yang tercantum di Rencana Strategis (RENSTRA) Fakultas Tarbiyah dan napak tilas 4 tahun kepemimpinannya; mulai dari sistem penjaminan mutu dengan pembentukan gugus mutu tingkat fakultas dan prodi, akreditasi 4 prodi baru, reakreditasi 6 prodi, pembukaan prodi baru PPG, pembenahan kurikulum, terobosan program baru seperti kegiatan riset dan publikasi artikel, buku ajar dan buku referensi dosen, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), serta riset koborasi mahasiswa dan dosen. Selanjutnya pengusulan formasi dosen dan pegawai baru sesuai kebutuhan 11 Prodi FTK. Dalam bidang kerjasama; telah diperkuat kerjasama antar PTKIN, kerjasama dengan litbang keagamaan kemenag oleh Prodi PAI, Peningkatan kerjasama dengan luar negeri seperti dengan tim FUJITSU Jepang dalam bidang kelautan dan kemaritiman oleh Prodi Tadris IPA Biologi, riset kuantatatif dan publikasi dosen dengan Universitas Amerika oleh Prodi Tadris Matematika dan Kerjasama INOVASI Australia oleh Prodi PGMI. Ditingkat Provinsi, LPTK UIN Mataram menjadi pelopor terbentuknya asosiasi dosen LPTK yang beranggotakan sekitar 18 Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Dekan periode 2021-2025 Dr. Jumarim, M.HI. mengapresiasi capaian Dr. Hj. Lubna, M.Pd dan tentu sebagai pengganti akan meneruskan hal-hal baik tersebut dan tentunya tetap mengharapkan dukungan, kebersamaan dan kerjasama dari civitas akademika keluarga besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.

Dekan bersama wakil dekan, Kajur Sekjur 11 Prodi FTK

Selanjutnya, sambutan Rektor diwakili oleh Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag (Wakil Rektor 1) UIN Mataram. Ia menyampaikan beberapa program kedepan termasuk akselerasi Guru Besar dan Lektor Kepala bagi dosen UIN Mataram.

Sesi photo bersama peserta diskusi lintas disipliner

Dalam sesi diskusi, tampil dua dosen energik Prof. Dr. Suhirman M.Si dan Kandidat Profesor Dr. Syukri, M.Pd. Keduanya mengapresiasi capaian Dekan Dr. Hj. Lubna, M.Pd bersama tim kerjanya. Mulai dari raihan akreditasi yang merupakan prodi pertama di UIN Mataram yang meraih Akreditasi A, kekompakan kerja tim dan tata kelola yang cukup baik. Dr. Syukri secara khusus mengapresiasi kepioneran Tarbiyah dalam memperjuangkan dan merumuskan Learning Management System (LMS) sejak 2018 bersama TIPD dan kini menjadi model di berbagai prodi dan fakultas. Keduanya juga menyampaikan harapan kepada Dekan baru untuk meneruskan prestasi dan hal-hal baik, serta melakukan terobosan kreatifitas, inovasi baru demi kejayaan FTK di masa depan.

Dekan bersama Kabag dan pegawai Fakultas Tabiyah dan Keguruan

Sesi akhir ditutup doa yang dipimpin oleh ustad Drs. H. Nasikin, M.Ag yang merupakan pembimbing skripsi Dr. Jumarim, M.HI ketika menuntut ilmu di bangku S.1, Prodi PBA UIN Mataram. (el-qudsy)

Share This