Rektor Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag Membuka acara Pembekalan DPL

Jumat 3 September 2021 Fakultas Tarbiyan UIN memberikan Pembekalan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Pengamalan Lapangan (PPL). Berbagai tahapan pelaksanaan sudah dilewati mulai dari sosialisasi semenjak 01 Agustus sampai dengan penyusunan laporan 31 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbuyah Dr. Hj. Lubna, M.Pd menyampaikan bahwa Praktik Pengamalan Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang harus ditempuh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. PPL merupakan mata kuliah kelompok PBM, dengan bobot kredit 4 SKS. Kegiatan PPL bertujuan memberikan bekal pengalaman dan pengetahuan praktis kependidikan sebagai usaha untuk mewujudkan guru dan tenaga kependidikan yang profesional.

130 DPL Ikuti Pembekalan PPL Fakultas Tarbiyah

Menurut Ketua Paniti PPL Dr. Abdul Quddus, MA, PPL Tahun 2021 diikuti oleh 1151 Mahasiswa, tersebar di berbagai kab/kota dengan rician 225 orang di Kota Mataram, 200 orang di Lombok Barat, 330 di Lombok Tengah, 168 Lombpok Timur, 32orang di Lombol Utara, 42 orang di Sumbawa dan KSB, 26 Orang di Dompu, 98 orang di Bima dan Kota Bima, serta 30 orang di luar NTB (NTT, Bali dan Sulawei). Melibatkan 130 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari berbagai latar disiplin keilmuan. Dan monitoring Evaluasi dari Universitas Wakil Rektor, Kepala Biro dan Para Guru Besar di lingkungan fakultas Tarbiyah. Demikian disampaikan Ketua Panitia PPL Dr, Abdul Quddus, MA

Sesuai laporan Sekretaris Dr. Alkusaeri, M.Pd, sebaran Prodi terdiri dari 165 PAI, 116 PBA, 164 Tadris IPS, 103 Tadris IPS, 97 Tadris Matematika, 185 PGMI, 116 PIAU, 143 Tadris Bahasa Inggris, 28 Tadris Fisika dan 36 orang Tadris Kimia.

Dalam sambutannya, Rektor mengharapkan kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai media sosialisasi bagi UIN Mataram di lokasi PPL. Mahasiswa PPL dan DPL harus menjadi duta-duta UIN Mataram diberbagai lingkungan masyarakat yang menyampaikan pesan moderasi Islam yang rahmatan lil Alamin.

   Sesi Pemaparan Wakil Rektor II dan Ketua SPI

Selain sesi Akademik yang diisi dengan pemaparan Buku Pedoman PPL oleh Tim PPL Dr. Alkusaeri M.Pd, Dr. Muammar, M.Pd dan Kurniawan Arizona, M.Pd., Pembekalan juga menghadirkan Wakil Rektor II Dr. Faizah MA dan Ketua Satuan Pengwasa Internal (SPI) Dr. Pongky Ariwijaya, MM untuk memberikan pencerahan terkait model pelaporan dan keuangan PPL.

1151 Mahasiwa PPL ikuti pembekalan DARING

Sehubungan dengan model PPL berbasis Domisili, maka pembekalan mahasiswa juga dilaksanakan dengan Model Daring melalui Zoom Meeting pada Tanggal 6 September 2021. Selanjutnya tanggal 7 September 2021 DPL dapat melaksanakan serah terima Mahasiswa PPL sesuai lokasi PPL mereka. (elqudsy)

Share This