Dekan Melaporkan Progress KOBAR FTK 2021 Kepada Rektor Prof, Dr, H. Masnun, M.Ag

 Fakultas Tarbiyah terus berikhtiar meningkatkan kuantitas dan kualitas penerbitan buku. Pada tahun tahun 2021 Tarbiyah menargetkan 95 Buku (75 Buku Referensi dan 20 Buku Ajar) melalui Porgram Kompetisi Buku Ajar dan Referensi (KOBAR). Ikhtiar Fakultas tidak berhenti pada level publikasi, namun berlanjut pada pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dosen di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, sehingga tahun 2021 ditargetkan sekitar 100 HKI dosen.

Menurut Dekan Dr. Hj. Lubna, M.Pd,  kompetisi penulisan buku berorientasi pada tersedianya bahan ajar dan sumber referensi yang memadai bagi dosen dan mahasiswa. Hal ini tentunya menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk memaksimalkan perkuliahan DARING  online di tengah pandemi Covid-19.

Program ini terbuka bagi dosen tetap FTK UIN Mataram dari berbagai bidang ilmu untuk mengusulkan naskah buku ajar dengan mengikuti seluruh proses dan mekanisme sampai naskah yang diusulkan dinilai layak untuk diterbitkan berdasarkan rekomendasi dari tim penilai. Program Kompetisi Penulisan Buku Buku Ajar Tahun 2021 dimaksudkan sebagai stimulus bagi para Dosen ftk uin Mataram agar terus berkarya untuk menghasilkan karya ilmiah, terutama dalam bentuk buku referensi dan buku ajar yang sesuai dengan bidang keahliannya dan membantu para mahasiswa untuk mendapatkan sumber belajar yang murah dan mudah serta meingkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran.

Rangkaian KOBAR 2021 dimulai dengan tahap sosialisasi tanggal 31 Mei – 14 Juni 2021 dan berakhir Penerbitan Buku ber-ISBN dan HKI pada tanggal 30 September 2021. Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Abdul Quddus, MA menyebutkan bahwa Tujuan pelaksanaan Program Kompetisi Penulisan Buku Ajar Tahun 2021 adalah Pertama, Meningkatkan minat para dosen FTK UIN Mataram untuk menghasilkan karya ilmiah, terutama dalam bentuk buku ajar. Kedua Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi Dosen FTK UIN Mataram sehingga mampu berpikir secara sistematis, sistemik, dan objektif. Ketiga, Meningkatkan kemampuan Dosen FTK UIN Mataram dalam mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Keempat, Meningkatkan kemampuan dan mutu Dosen FTK UIN Mataram dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Kelima, Meningkatkan jumlah karya ilmiah dan publikasi karya ilmiah Dosen FTK UIN Mataram secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Keenam Meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran melalui penyediaan sumber belajar yang bermutu sesuai kebutuhan para mahasiswa.

Penandatangan kontrak Penulis, Selasa 10 Agustus 2021

Acara Penandatangan kontrak penulis berlangsung secara DARING pada hari Selasa 10 Agustus 2021. Mewakili Rektor, hadir Wakil Rektor II Dr. Faizah, MA. Dalam arahannya Wakil Rektor mengingatkan para penulis untuk menyelesaikan buku ajar dan buku referensi sesuai schedule, sehingga fakultas dapat sukses dan tepat waktu melaporkan kegiatan ini.

Tasyakuran Bersama dan Launching 100 Buku dan 100 HKI Tahun 2020

Tentunya KOBAR 2021 ini juga sebagai respon akademik terhadap Kewajiban dosen untuk menulis dan memproduksi buku yang sejatinya sudah diatur dalam UU Nomor 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan regulasi lainnya baik dari kementerian riset dan teknologi maupun kementeruan agama. Bahkan secara khusus pada pasal 12 UU No.12 tahun 2012 dengan tegas menyebutkan bahwa dosen secara perseorangan atau kelompok wajib menulis buku teks yang diterbitkan oleh perguruan tinggi sebagai salah satu sumber belajar. (elqudsy)

 

Share This