Tim Cipta Gerak Tari dan Musik PIAUD FTK UIN Mataram

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram berhasil meraih juara 1 lomba nasional cipta gerak tari dan musik dalam even lomba kreativitas mahasiswa PIAUD Nasional yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPS PIAUD) Indonesia secara online pada tanggal 1 sampai dengan 10 Februari 2021.

Tim PIAUD beranggotakan 5 orang yaitu Baiq Darmiani, Ayu Asri Milania, Nada Salwa, Rani Fatmi Salsabila dan Nahua Noviana menampilkan Tari Nyensek (Tenun) Kain Songket. Tim ini berhasil menjadi Juara 1 dan mengalahkan tim lainnya yang berasal dari kampus ternama seperti IAIN Bangka Belitung (Harapan 3), UIN Sunan Kalijaga (Harapan 2), UIN Sunan Gunung Jati Bandung (Harapan 1), IAIN Bojonegoro (Juara 3), UIN  Jambi (Juara 2). Selain berhasil meraih Juara 1 pada kategori cipta gerak tari dan musik, mahasiswa Prodi PIAUD atas nama Intan Rahma Adira, juga behasil meraih Juara Harapan 2 pada kategori Lomba Cipta Lagu pada even nasional tersebut.

‘Awalnya kami sempat ragu untuk mengikuti lomba tersebut, kami agak kurang percaya diri dengan deadline pengumpulan karya yang sangat mepet, tapi karena dukungan dari Program Studi dan juga motivasi dari ibu Rifki Ayu Rosmita, M.Pd. sebagai dosen seni musik dan tari, akhirnya itulah yang membuat kami siap untuk mengikuti lomba cipta gerak tari dan musik dengan niat untuk mencari pengalaman dan kami bertekad untuk menampilkan kemampuan terbaik kami’, tutur Baiq Darmiani, selaku ketua tim tari Prodi PIAUD.

Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dalam setiap kesulitan yang kami hadapi dan berterima kasih atas dukungan fakultas serta universitas. Harapan kami semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk mengembangkan dan membuktikan bakatnya, dan dapat terus berkarya, mengukir prestasi demi kemajuan lembaga kita tercinta, demikian disampaikan Ketua dan sekretaris Prodi PIAUD, ibu Nani Husnaini, M.Pd dan Ibu Jumrah, M.Pd.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram, Dr. Hj.Lubna, M.Pd mengapresiasi capaian nasional mahasiswa PIAUD dan berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa 10 prodi lainnya di FTK. Fakultas telah secara rutin dan berkala melaksanakan berbagai program untuk mendukung kreatifitas mahasiswa dengan berbagai program seperti pembinaan bakat, minat dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), program pekan olah raga dan seni (PORSENI), dan pengiriman mahasiswa untuk lomba nasional. Selanjutnya, Dekan perintahkan kepada Wakil Dekan untuk menyiapkan reward (penghargaan) kepada mahasiswa PIAUD yang telah meraih prestasi nasional tersebut. (el-qudsy)