Selamat Datang di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Mendidik dengan sepenuh Hati

Tentang FTK

Fakultas  Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) adalah fakultas tertua yang ada di lingkungan UIN Mataram. Dalam sejarahnya, FakultasTarbiyah mengalami berbagai perubahan, terutama dalam jumlah dan nomenklatur jurusan. FTK bermula dari FakultasTarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram diresmikan berdirinya pada tanggal 24 Oktober 1966 dengan SK Menteri Agama No. 63 Tahun 1966.Padatanggal 13 Juni 1997 (berdasarkan surat Menpan No. B-589/I/ 1997), terjadi Alih Status dari Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah IAIN Sunan Ampel Cabang Mataram menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mataram, sesuai Keppres RI.Nomor 11 Tahun 1997. PadaTahun 2004, STAIN Mataram beralih status menjadi IAIN Mataram dengan Keppres Presiden Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2004, Tanggal 18 Oktober 2004. Kini 2017 IAIN Mataram telah bertransformasi menjadi UIN Mataram dengan dikeluarknnya Perpres Nomor 34 Tahun 2017 Sejak berdiri pada tahun 1966 hingga menjadi UIN Mataram, FTK telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan, yakni sebagai berikut:

  • Syarech, SH (1966 s/d 1976)
  • Lalu Yahya Himny (1976-1979)
  • H. Mahsun (1979-1983)
  • H. Mahsun (periode II) (1983-1988)
  • H. Muh. Shaleh (1988-1993)
  • H. Saiful Muslim (1993-1997)
  • Hj. Nurul Yakin, M.Pd (2010-2014)
  • Prof Dr. HM Taufik, M.Ag (2014-2015)
  • Dr. Hj. Nurul Yakin, M.Pd (2015-2017)
  • Dr. Hj. Lubna, M.Pd. (2017-2021)

Visi

Visi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram adalah “MENJADI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN DENGAN TATA KELOLA YANG BAIK DAN BERDAYA SAING NASIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KAJIAN ISLAM, SAINS TEKNOLOGI, DAN PERADABAN SECARA INTEGRATIF”.

Misi

Misi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran secara profesional dengan mengintegrasikan ilmu keislaman, sosial, humaniora, sains, dan teknologi;
  2. Mengembangkan budaya penelitian dalam bidang pendidikan berbasis keislaman, sains, dan teknologi;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, keislaman, sosial, sains dan teknologi; dan
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

Tujuan fakultas merupakan penjabaran dari visi dan misi yang mencakup deskripsi tentang kompetensi lulusan yang dihasilkan, dan mutu lulusan yang dihasilkan. Tujuan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlaqul karimah dan profesional dalam bidang pendidikan;
  2. Mengembangkan pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu keislaman, sosial, humaniora, sains dan teknologi;
  3. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan kompetitif dalam bidang pendidikan, keagamaan, sosial, humaniora, sains dan teknologi; dan
  4. Berkontribusi aktif dalam penyelesaian problem pendidikan, keagamaan, sosial, humaniora, sains dan teknologi yang  dihadapi masyarakat.

Struktur Organisasi

 

Dekan

 

Dr. Hj. Lubna, M.Pd

 

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kelembagaan

 

Dr. Abdul Quddus, MA

 

Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaandan Keuangan

 

Dr. Syamsul Arifin, M.Ag

 

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

 

Dr. Akhmad Asyari, M.Pd

 

Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni

 

Hj. Nurul Khaerani, M.Pd

 

Kasubbag Administrasi Umum dan Keuangan

 

Hamdi M. Natsir, M.Hum

 

 

PEMBUKAAN PIONER PGMI

PEMBUKAAN PIONER PGMI . Mahasiswa PGMI mengadakan Pioner PGMI, Dr. Ahmad Sulhan, S.Ag., M.Pd.I selaku ketua jurusan PGMI memberikan sambutan-sambutan yang sangan bermanfaat bagi mahasiswa jurusan PGMI. hadir juga Dr. Akhmat Asyari, M.Pd selaku Wakil Dekan III yang...

baca lainnya