Akreditasi unggul menjadi kegelisahan akademik bagi prodi-prodi di UIN Mataram inilah penggalan isi sambutan Rektor UIN Mataram pada kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Menuju Akreditas Unggul Melalui IAPS 4.0 (9 Kriteria) yang digelar FTK UIN Mataram, Rabu, 10/07/2019. Seminar nasional bertopik akreditasi unggul ini dihadiri oleh seluruh pimpinan dekanat FTK UIN Mataram, LPM,  kajur dan sekjur, dosen, dan seluruh tenaga kependidikan di lingkungan FTK UIN Mataram. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin, Ph.D. of Arts.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Wakil Dekan I FTK UIN Mataram, Dr. Abdul Qudus, M.Ag. Dalam laporannya, ketua panitia menyampaikan bahwa kata unggul dalam tema seminar ini terinspirasi dari berita viral di media masa tentang harga seekor burung yang menembus angka 1 miliar lebih. “Kita ingin semua prodi di bawah FTK UIN Mataram memiliki predikat akreditasi unggul terutama pada era teknologi 4.0 ini. Dalam hal pemanfaatan teknologi, kita tidak boleh kalah dengan e-commerce” kata WD I sebelum mengakhiri laporannya.

Setelah laporan ketua panitia, acara dilanjutkan dengan pengantar dari Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Hj. Lubna, M.Pd. Dalam sambutannya Dekan FTK UIN Mataram menyampaikan bahwa akreditasi unggul menjadi obsesi seluruh keluarga besar FTK UIN Mataram. “Kami berharap narasumber bisa menerangjelaskan segala hal terkait dengan akreditasi 9 kriteria ini sehingga nantinya seluruh prodi di lingkungan FTK UIN Mataram bisa terakreditasi dengan predikat unggul” harapnya. Sebelum menutup sambutannya, satu-satunya Dekan perempuan di UIN Mataram ini berharap seluruh prodi di lingkungan FTK UIN Mataram mampu bersaing dengan prodi di perguruan tinggi lain.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag. Pada pidato pembukaannya, Rektor UIN Mataram menyampaikan bahwa Akreditasi unggul menjadi kegelisahan akademik dan sosiologis bagi UIN Mataram terutama setelah peralihan status dari IAIN menjadi UIN Mataram. “Akreditasi unggul ini menjadi tantangan kita semua sehingga peran semua pihak mutlak diperlukan. Kerja akreditasi bukanlah kerja prodi semata, namun semua elemen harus terlibat” papar Rektor UIN Mataram. Untuk mendukung akreditasi yang unggul pembangunan di UIN Mataram terus dilakukan baik fisik maupun nonfisik. “Pembangunan pada kedua lini ini masing-masing sudah ada penanggung jawabnya sehingga kita fokus saja pada bagian kita masing-masing”. Imbuhnya. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin, Ph.D. of Arts, guru besar Fakultas Filsafat UGM.