Dunia Digital yang kini merajai jagat raya, nyaris membuat media cetak tergeser. Hampir segala bentuk informasi di dunia dapat diakses oleh seujung jari melalui teknologi internet. Namun, tidaklah menjadi suatu azab jika para penulis buku harus hengkang dari dunianya. Justru itu sangat membantu mereka meluaskan jangkauan karya yang mereka miliki, bahkan mampu bersaing dikancah mancanegara. Hal inilah yang mendorong Pena Kecil PBA ingin beranjak dewasa dengan menyalurkan segala bentuk ide dan karya mereka melalui pemanfaatan media share informasi seperti blog dan website. Dibawakan oleh seorang blogger muda sekaligus enterpreneur di bidang IT, Irvan Maulana Mumtaz telah mengupas cara membuat bahkan pemanfaatan blog dan website untuk Pena Kecil PBA.

Selain faktor internal, untuk meningkatkan kompetensi wawasan mahasiswa di bidang literasi, kegiatan Pena Kecil ini mendapat dukungan kuat dari Ketua Jurusan PBA FTK UIN Mataram, Dr. H. Fathul Maujud, M.A. “Kegiatan-kegiatan semacam ini memilili kontribusi yang besar dalam membentuk sumber daya manusia yang berkompeten. Oleh karenanya, kegiatan-kegiatan semacam ini harus didukung.” ujarnya. Dengan perlengkapan yang cukup, acara pun berjalan dengan lebih khidmat.

Acara singkat ini hanya dihadiri oleh 20-25 mahasiswa yang mendapat undangan resmi dari Ketua Pena Kecil PBA. Karena pertimbangan bahwa menulis bukan paksaan, maka ketua PK memutuskan akan mengundang setiap kelas, dan masing-masing mendelegasikan 3 (tiga) orang mahasiswa dengan syarat “harus memiliki minat dalam kepenulisan”.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Ketua PK tidak ingin anggota selanjutnya merupakan bibit-bibit yang hanya berkoar di depan, dan hangus pada ujungnya. Untuk itulah, peserta Sharing Kepenulisan “blog dan website” ini dihadiri oleh peserta pilihan. Termasuk anggota PK pun, tidak seluruhnya menjadi bagian dari peserta. Sehingga terjadilah seleksi alam antar anggota. “karena kualitas jauh lebih penting dibandingkan Kuantitas”, ujar Ketua PK saat ditanya perihal peserta.

Selain itu, Narasumber Irvan juga menyatakan bahwa, betapa pentingnya pemanfaatn blog bagi penulis dan umumnya bagi mahasiswa, narasumber menganjurkan agar mahasiswa lebih aktif dan agresif mengenal dunia digital dengan untuk memudahkan mahasiswa mengakses informasi terutama informasi di luar kampus, wawasan global dan hal-hal positif lainnya.

Hal ini, karena keilmuan terus mengalami perkembangan yang pesat, dan tidak cukup jika diakses hanya melalui ketersediaan buku di perpustakaan. Itupun, jika semua mahasiswa memiliki tingkat kesadaran yang tinggi untuk selalu mengunjungi perpustakaan. Sebab itulah, pemanfaatan blog dan website sangatlah bermanfaat dan dapat menunjang segala kebutuhan mahasiswa untuk memperkaya wawasan, bahkan relasi. Wawasan dan relasi merupakan kebutuhan primer dalam menjalankan kehidupan sebagai makhuk sosial dan makhluk berakal. Wallahualam…

(pelangi_nh: http://pelangikehidupan1.wordpress.com)